alat musik tradisional jawa barat

3 Alat Musik Tradisional Jawa Barat

Alat Musik Tradisional Jawa Barat – Jawa Barat adalah Propinsi yang populer dengan wisata alam serta paronama yang indah, walau demikian bermacam budaya serta kebiasaan leluhur harus kita lestarikan dengan. Salah nya ialah alat musik tradisionil Jawa Barat. Banyak dari kita mungkin saja tidak ketahui bila sebagian alat musik tradisionil Jawa Barat karena minimnya ketertarikan serta tergerus oleh perkembangan tehnologi terutama di bagian musik. Oleh karena itu di kesempatan ini aku juga akan memberi info tentang alat musik tradisionil yang datang dari Jawa Barat Supaya kelestarian budaya kita tidak punah demikian saja.

alat musik tradisional jawa barat

Alat Musik Tradisional Jawa Barat

Terdapat banyak alat musik tradisionil yang datang dari Propinsi Jawa Barat sebagai sisi dari kekayaan Indonesia juga akan seni budaya. Salah satunya sebagian alat musik tradisionil Jawa Barat baik itu yang masih tetap eksis serta maupun nyaris punah. Di bawah ini yaitu sebagian alat musik tradisionil jawa barat yang berhasil kami kumpulkan dari beragam sumber. Mudah-mudahan saja info ini bisa memberi pengetahuan untuk kamu.

1. Arumba.
Arumba adalah alat musik tradisionil Jawa Barat yang terbuat dari bambu, nama Arumba sendiri sesungguhnya yaitu singkatan dari alunan rumpun bambu. Serta awal mulanya alat musik tradisionil Jawa Barat yang satu ini memakai pentatonis jadi tangga suara yang ia hasilkan. Tetapi sekarang ini Arumba memakai suara diatonis.

2. Angklung.
Aku percaya alat musik yang satu ini tidak asing sekali lagi ditelinga kita. Iya, angklung yaitu alat musik tradisionil Jawa Barat yang terbuat dari bambu, sama dengan Arumba. Alat musik tradisionil yang dipopulerkan oleh orang-orang suku Sunda Indonesia. Serta bambu adalah bahan basic paling utama dalam pembuatan alat musik type ini. Angklung yaitu type alat musik yang dimainkan lewat cara digoyang karna bunyi yang dibuat datang dari bentrokan pada bambu itu. Untuk ukurang dari angklung ini begitu berbagai macam, ada yang kecil serta ada juga yang besar. Saat ini alat musik type ini telah popular di beberapa belahan dunia. Begitu bangga bukanlah, jadi warga negara Indonesia.

3. Calung.
Nyaris sama juga dengan Angklung, calung ini termasuk juga alat musik tradisionil Jawa Barat yang terbuat dari bambu juga. Tetapi umumnya bambu yang dipakai untuk buat alat musik yang satu ini yaitu bambu hitam serta ada pula yang terbuat dari bambu putih. Ketidaksamaanya alat musik type ini dengan Angklung yaitu alat musik Calung ini dimainkan lewat cara dipukul sisi ruas batang bambunya.

Nah, tersebut kajian tentang alat musik tradisionil dari jawa barat yang telah anda baca di atas, mudah-mudahan berguna yahh!

Leave a Comment