Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Menghadiri Seminar Proposal Atau Seminar Hasil

Seminar proposal dan seminar hasil adalah dua rangkaian yang wajib dilalui sebelum mendapat gelar sarjana. Seminar ini selain dihadiri oleh pembimbing dan penguji, juga dihadiri oleh mahasiswa.

Nah umumnya, mendatangkan peserta mahasiswa ini yang terkadang susah, bila sang empunya seminar tidak menghidangkan kue-kue atau makanan ringan jadi umumnya mahasiswa kurang sekali yang tertarik jadi peserta seminar.

Tapi kamu paham.kamu mengerti tidak, menghadiri seminar proposal atau seminar hasil itu faedahnya sangat banyak loh. yuk kita simak satu persatu.

1. Mengasah Ketelitian

Umumnya moderator sediakan session bertanya jawab pada mahasiswa peserta seminar, mengenai anjuran, kritik, serta sanggahan begitu diperlukan. Nah, untuk isi session ini anda pastinya akan membaca semua materi yang dihidangkan dengan saksama, hingga anda bisa lihat beberapa kekeliruan kecil yang terkadang luput diliat oleh penyaji. Kekeliruan penulisan daftar pustaka umpamanya, atau salah menulis nama ilmiah, salah tulis serta semacamnya.

2. Mempertajam Nalar serta Sikap Kritis

Dengan menghadiri seminar, anda punya kebiasaan berfikir dengan systematis. otomatis anda juga akan belajar langkah mempelajari yang masuk akal (logis) dengan membaca cara riset yang juga akan dikerjakan. Apabila dalam cara ada kekeliruan, umumnya dosen pembimbing atau penguji juga akan melakukan perbaikan. Nah, dari situ anda dapat tahu bagaimana membuat cara yang benar.

3. Memperkaya Pikiran Problem

Mahasiswa tingkat akhir seringkali dipusingkan oleh masalah mencari problem untuk di teliti. Bila telah demikian, rajin-rajinlah menghadiri seminar proposal atau seminar hasil, siapa tahu anda bisa inspirasi riset dari riset orang yang lain yang telah dikerjakan.

Baca Juga: Contoh Proposal

4. Melatih Mental

Mahasiswa sering gugup waktu mesti mempresentasikan proposal serta hasil penelitiannya. Takut dibantai dosen, takut tidak bisa menjawab pertanyaan sering jadi argumen kegugupan itu. Bila anda rajin menghadiri seminar, ditanggung deh anda tidak bakalan gugup terlebih demam panggung bila nantinya jadi penyaji. Karena anda seringkali mendengar pertanyaan-pertanyaan ataupun sanggahan-sanggahan yang seringkali dilontarkan dalam seminar, jadi anda telah siap mental hadapi kondisi itu. Tidak ada tuch yang namanya demam panggung atau salah ngomong.

Leave a Comment