Mahasiswa Indonesia: Mahasiswa di Thailand libur pun tetap belajar

Mahasiswa di setiap negara tentu punya ‘kehidupan’ masing-masing yang khas. Bahkan dalam satu negara pun, tiap wilayah punya cerita sendiri-sendiri tentang kondisi mahasiswanya.

Tentu ada banyak sekali cerita tentang kebiasaan para mahasiswa, namun yang terpenting adalah mencontoh apa-apa yang baik dan menjauhi yang buruk-buruk.

Seperti yang berlangsung di satu diantara kampus terkenal di Thailand, yakni Chulalongkorn University. Di perguruan tinggi ini anda dapat menjumpai rutinitas beberapa mahasiswanya yang mungkin saja agak asing di Indonesia karna belum juga jadi habit serta belum juga popular.

Seperti dituturkan M Khoirul Ummam, mahasiswa asal Kampus Islam Indonesia Yogyakarta yang ikuti program pertukaran di The Petroleum and Petrochemical College, Chulalongkorn University, Bangkok, kalau mahasiswa ditempat dia kuliah pantas diteladani.

” Mahasiswa di Chulalongkorn pada rajin-rajin belajar. Di apartemen saya sempat saksikan di ruang santainya jam 11 malam mahasiswa sekali lagi belajar selalu pagi lewat sana sekali lagi simak orang yang sama juga dengan tempat sama, ” papar mahasiswa asal Jambi ini.

” Bila akhir minggu atau tgl merah mereka tetaplah pada belajar, karna mereka miliki jam produktif dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Jadi setiap hari mereka telah punya kebiasaan lakukan aktivitas seumpama belajar atau penelitian, walau hari libur, ” lebih Ummam, sapaan akrabnya.

Ditempat kongkow juga, seumpama kafe, seringkali didapati beberapa mahasiswa yang tengah kerjakan pekerjaan atau belajar. ” Mungkin saja karna kulturnya yang memanglah mensupport sich. Jadi mahasiswa asli Thailand maupun dari luar telah pada punya kebiasaan rajin belajar, ” saya pemuda yang di kampusnya jadi pemimpin redaksi persma fakultas ini.

Baca Juga: Cara membuat kata pengantar makalah

Di kelas, Ummam mengakui sepanjang 4 bln. belajar (Januari-Mei 2015) di kampus posisi 3 di Thailand itu, begitu sering di beri pekerjaan makalah. ” Minggu ini diberi topik, presentasi minggu depan, diberi topik baru buat dipresentasikan minggu depannya sekali lagi. Awal-awal kita kaget karna tidak punya kebiasaan bisa pekerjaan seperti gitu, ” tutupnya.

Tertarik belajar disini? Ditanggung untuk anda yang awalannya sukai banget enjoy serta uring-uringan akan jadi rajin setelah bila kuliah disini.

Leave a Comment