Ambon, Maluku

Kode Pos

Ambon, Maluku

Ambon (Indonesia: Kota Ambon, Belanda: Amboina; Portugis: Nossa Senhora de Anunciada; Spanyol: Ciudad de Amboina) (2010 pop 330.335 [1]) adalah kota utama dan pelabuhan laut Pulau Ambon, dan merupakan ibukota provinsi Maluku dari Indonesia. Kota ini juga dikenal sebagai “Ambon Manise,” yang berarti “cantik” atau “cantik”. Ambon adalah kota terbesar di kepulauan Maluku dan merupakan pusat kepulauan Maluku. Kota ini terbagi menjadi 5 kabupaten yaitu Nusaniwe, Sirimau, Teluk Ambon, Teluk Baguala dan Selatan Leitimur.

Kota ini dihuni oleh campuran etnis Alifuru (asli Maluku), Jawa, Bali, Buton, Bugis, Makassar, Papua, Minahasa, Minang, Flobamora (Flores, Sumba, Alor dan Timor) dan keturunan asing (Cina, Orang Arab-Ambon, Spanyol-Ambon, Jerman-Ambon, Portugis-Ambon dan Belanda-Ambon). Antara tahun 1999 dan 2002, terjadi keresahan sosial yang didorong oleh intoleransi rasial
Ambon dijajah oleh Portugal pada tahun 1526 dan awalnya bernama Nossa Senhora de Anunciada, didirikan oleh Gubernur Sancho de Vasconcelos dari Portugis-Maluku. Portugis diusir oleh Belanda pada tahun 1609. Kecuali untuk periode singkat pemerintahan Inggris, pulau tersebut tetap berada di bawah kendali Belanda sampai Indonesia merdeka pada tahun 1945.

Amboina di abad ke-17 di bawah Portugal.
Selama periode Belanda, Ambon adalah tempat tinggal penduduk Belanda dan komandan militer Kepulauan Maluku. Kota ini dilindungi oleh Fort Victoria, dan Ensiklopedi 1911 mencirikannya sebagai “kota kecil yang bersih dengan jalan-jalan lebar, ditanam dengan baik”. [Rujukan?] Populasi dibagi menjadi dua kelas, orang burger (warga negara) dan orang negri (penduduk desa ), yang pertama adalah kelas asal asli yang menikmati hak istimewa tertentu yang diberikan kepada nenek moyang mereka oleh Perusahaan Hindia Timur Belanda yang lama. Ada juga, selain Belanda, beberapa orang Arab, Cina dan beberapa pemukim Portugis.

Pada tanggal 22 Desember 1902, Prefektur Apostolik Belanda New Guinea didirikan di kota tersebut, kemudian dipromosikan sebagai Keuskupan Amboina.

Pasukan militer Indonesia mengevakuasi pengungsi dari Ambon.
Pulau Ambon adalah lokasi pangkalan angkatan laut Belanda yang besar, yang ditangkap oleh orang Jepang pada tahun 1942. Ambon adalah pusat kegiatan misionaris Kristen, dan Ambon dan pulau-pulau sekitarnya memiliki banyak umat Kristen dan juga Muslim yang mendominasi di sebagian besar wilayah Indonesia.

Kode Pos Desa

Leave a Comment