Cara Menghitung Berat Barang yang Akan Dikirim Menggunakan Perusahaan Jasa Pengiriman Barang ke Bengkulu

Salah satu kelebihan mengirimkan barang ke Bengkulu dengan memanfaatkan PT Cargonesia Utama Trans sebagai Perusahaan Jasa Pengiriman Barang ke Bengkulu, adalah luasnya jangkauan wilayah pengiriman barang ke berbagai daerah di Bengkulu yang meliputi berbagai wilayah seperti Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu Selatan, Kepahiang, Bengkulu Utara, Lebong, Muko Muko, Seluma, Rejang Lebong dan Kabupaen Kaur.

Untu masalah tarif ongkos kirim maka ditentukan jumlah bobot barang yang dikirim,  jauh dekatnya alamat yang dituju, serta cepat dan lambatnya waktu yang dikehendaki oleh si pengirim karena menyangkut moda transportasi yang digunakan untuk mengangkut dan mengirim barang.

 

Karena berat barang menjadi salah satu faktor penentu yang mempengaruhi tarif yang harus dibayarkan, maka ada baiknya pihak pengirim mengetahui tentang bagaimana cara menghitung berat barang kiriman. Untuk menghitung berat barang, ditentukan oleh moda transportasi yang digunakan dalam pengiriman barang, itu sebabnya penghitungan berat barang terbagi atas tiga macam sesuai dengan sarana transportasi yang dipakai yaitu darat, laut dan udara.

 

  1. Cargo Darat

Pengiriman barang lewat perusahaan jasa ekspedisi barang yang menggunakan sarana transportasi darat memakai truk untuk mengangkut barang, dan jika terpaksa harus menyeberangi laut, maka menggunakan kapal ferry atau kapal penumpang, sehingga rentang waktu pengiriman lebih cepat dibanding cargo laut, karena tidak membutuhkan antrean standard sebagaimana kapal barang yang butuh waktu lama. Untuk menghitung berat barang yang dikirim menggunakan cargo darat caranya dengan adalah dengan menghitung volume barang (panjang x lebar x tinggi). Setelah volume barang diketahui, bagi dengan 4.000 sehingga ditemukan berat barang dalam ukuran kilogram. Hasil dari pembagian tersebut selanjutnya dikalikan dengan tarif per-kg untuk mengetahui besarnya tarif yang harus dibayar.

 

 

  1. Cargo Laut

Bagi mereka yang ingin mengirim barang ke Bengkulu melalui Cargonesia dengan harga murah, dapat memilih cargo laut. Namun risikonya waktu pengiriman lebih lama dibandingkan dengan moda transportasi yang lain. Berbeda dengan jenis transportasi yang lain, untuk pengiriman barang melalui cargo laut, PT Cargonesia Utama Trans membagi jenis pengiriman menjadi 2 macam, yaitu Less Container Loading (LCL) atau barang dikirim dalam satu kontainer dengan barang-barang yang lain, serta Full Container Loading (FCL) atau barang yang Anda dikirim ditempatkan dalam satu kontainer yang terpisah dari barang milik pengirim lain.

 

Cara menghitung tarif yang harus dibayar untuk jenis pengiriman LCL yaitu dengan sistem kubikasi atau menghitung berat barang dengan rumus: panjang x lebar x tinggi dibagi 1.000.000 sehingga hasilnya dihitung permeter3. Hasil pembagian dalam bentuk permeter kubik tersebut selanjutnya dikalikan dengan tarif yang berlaku untuk masing-masing tujuan. Sedang untuk jenis pengiriman FCL, besarnya tarif dihitung perkontainer sesuai dengan port to port, door to door dan Cy – CY.

 

  1. Cargo Udara

Diantara berbagai moda transportasi yang ditawarkan Perusahaan Layanan Pengiriman Barang, cargo udara adalah yang paling cepat namun dengan tarif yang juga paling mahal. Sistem penghitungan berat barang yang berlaku untuk cargo udara memakai rumus panjang x  lebar x tinggi dan hasilnya dibagi 6.000 serta ditentukan dalam ukuran kilogram. Hanya saja, besar dimensi barang kiriman harus disesuaikan dengan ukuran pintu pesawat yaitu 110 cm x 80 cm. Tidak hanya itu, menurut ketentuan airlines berat untuk setiap koli barang juga dibatasi antara 50 kg – 70 kg. Jika berat barang ternyata melebihi ketentuan yang berlaku, maka akan dikenai surcharge antara 25% – 200% tergantung dari berat barang perkoli.

 

Apapun jenis cargo yang Anda pilih, pastikan untuk menggunakan Perusahaan Jasa Pengiriman Barang, PT Cargonesia Utama Trans jika ingin mengirim barang ke wilayah Bengkulu. Karena selain menyediakan berbagai jenis layanan Cargo, PT Cargonesia juga memiliki kantor perwakilan di semua kabupaten / kota di wilayah Provinsi Bengkulu, mulai dari Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu Selatan, Kepahiang, Bengkulu Utara, Lebong, Muko Muko, Seluma, Rejang Lebong dan Kabupaen Kaur. (*)

 

Leave a Comment