Definisi Air Keras

Sabun Gove

Definisi Air Keras
Apa Air Keras dan Apa Itu Memang
Air keras hanyalah air yang mengandung ion kalsium dan magnesium tingkat tinggi. Tim Graham / Getty Images

Air keras adalah air yang mengandung sejumlah besar Ca2 + dan / atau Mg2 +. Terkadang Mn2 + dan kation multivalen lainnya termasuk dalam ukuran kekerasan. Catatan air mungkin mengandung mineral namun tidak dianggap sulit, dengan definisi ini. Air keras terjadi secara alami dalam kondisi dimana air meresap melalui kalsium karbonat atau magnesium karbonat, seperti kapur atau batu gamping.

MENGEVALUASI BAGAIMANA AIR HARD IS
Menurut USGS, kekerasan air ditentukan berdasarkan konsentrasi kation multivalen terlarut:

air lunak – 0 sampai 60 mg / L (miligram per liter) sebagai kalsium karbonat
cukup keras air – 61 sampai 120 mg / L
air keras – 121 sampai 180 mg / L
air sangat keras – lebih dari 180 mg / L

EFEK AIR HARD
Baik efek positif dan negatif dari air keras diketahui:

Air keras mungkin menawarkan manfaat kesehatan seperti air minum, dibandingkan dengan air lunak. Minum air putih keras dan minuman yang dibuat dengan menggunakan air keras dapat berkontribusi pada kebutuhan diet untuk kalsium dan magnesium. Sabun adalah pembersih yang kurang efektif dalam air keras. Air yang keras membuat lebih sulit untuk membilas sabun, ditambah lagi dengan bentuk buih atau sabun. Deterjen juga dipengaruhi oleh mineral terlarut dalam air keras, namun tidak sampai batas yang sama seperti sabun. Lebih banyak sabun atau deterjen diperlukan untuk membersihkan pakaian dan barang lainnya dengan menggunakan air keras dibandingkan dengan air lunak. Rambut yang dicuci dengan air keras mungkin tampak kusam dan terasa kaku dari residu. Pakaian yang dicuci dengan air keras bisa menimbulkan perubahan warna yang kekuningan atau abu-abu dan mungkin terasa kaku.
Sabun sabun yang tersisa di kulit dari mandi di air keras bisa menjebak bakteri di permukaan kulit dan mengganggu keseimbangan normal mikroflora. Karena residunya menghambat kemampuan kulit untuk kembali pHnya sedikit asam, iritasi bisa terjadi.
Air keras bisa meninggalkan bekas air di piring, jendela, dan permukaan lainnya. Mineral dalam air keras dapat disimpan dalam pipa dan pada permukaan yang membentuk skala. Ini bisa menyumbat pipa dari waktu ke waktu dan mengurangi efisiensi penyensor air. Salah satu aspek positif dari skala adalah bahwa hal itu membentuk penghalang antara pipa dan air, yang membatasi pelindian solder dan logam ke dalam air. Elektrolit dalam air keras dapat menyebabkan korosi galvanik, yaitu ketika satu korosi logam bila bersentuhan dengan logam lain dengan adanya ion.

SEMENTARA DAN PERMANEN HARD WATER
Kekerasan sementara ditandai dengan mineral bikarbonat terlarut (kalsium bikarbonat dan magnesium bikarbonat) yang menghasilkan kation kalsium dan magnesium (Ca2 +, Mg2 +) dan anion karbonat dan bikarbonat (CO32-, HCO3-). Jenis kekerasan air dapat dikurangi dengan menambahkan kalsium hidroksida ke air atau dengan merebusnya.

Kekerasan permanen umumnya terkait dengan kalsium sulfat dan / atau magnesium sulfat di dalam air, yang tidak akan mengendap saat air direbus. Kekerasan permanen total adalah jumlah kekerasan kalsium ditambah kekerasan magnesium. Jenis air keras ini dapat dilunakkan dengan menggunakan kolom penukar ion atau pelunak air.

Sabun Herbal

Leave a Comment