Wasdapai Berbagai Modus Penipuan Tiket Pesawat

Seiring dengan perkembangan zaman dan meningkatnya penggunaan digital di berbagai bidang, banyak pihak pula yang memanfaatkannya sebagai ajang penipuan. Maka dari itu, kita seringkali melihat di internet banyak orang yang tertipu dengan membeli barang tapi barang tidak sesuai dengan kenyataan ataupun barang tidak dikirimkan.

Berbagai macam modus pun dilakukan dalam hal penipuan di berbagai macam bidang. Salah satunya adalah modus penipuan tiket pesawat. Walau dari pihak maskapai sudah memberikan fasilitas tersendiri untuk membeli tiket online dengan fasilitas aman, tetap saja banyak orang kepincut dengan harga tiket murah yang akhirnya tertipu.

Jadi semua pihak harus saling bekerja sama untuk saling menutupi berbagai macam celah yang dapat menjadi ajang penipuan. Misalnya saja berbagai modus-modus yang sering dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab seperti di bawah ini.

Modus Penipuan Tiket Pesawat

 Inilah berbagai macam modus yang seringkali dilakukan oleh pihak-pihak yang melakukan penipuan. Diantaranya adalah:

  1. Menggunakan sistem menjual tiket palsu

Modus ini merupakan modus yang paling sering dilakukan. Biasanya tipe orang yang menjual tiket palsu menggunakan akun sosial media ataupun melalui email dengan mengirimi pesan spam. Nah untuk itu, anda harus waspada terhadap hal seperti ini.

Selain itu banyak orang yang menjual tiket palsu dan dijual kembali ke orang lain. Jarang ada yang menjual tiket palsu memiliki tempat usaha menetap dan juga memiliki situs resmi.

  1. Penjualan tiket kadaluarsa

Tiket kadaluarsa seringkali dijual demi meraih keuntungan. Memang ini adalah tiket resmi, tapi karena sudah kadaluarsa jadi tidak bisa digunakan kembali.

Selain itu penipuan secara online pun sering terjadi, banyak orang yang menjual tiket orang lain. Jadi saat dipakai pastinya tidak bisa digunakan karena tidak sesuai dengan namanya.

  1. Penipuan melalui email

Modus yang digunakan untuk sistem ini adalah mereka sudah tahu beberapa macam daftar email dari berbagai macam agen bisnis tiket pesawat ataupun pihak supplier besar seperti halnya traveloka. Nantinya mereka akan mengirimkan email yang seolah-oleh itu dari pihak resminya untuk memberikan kode OTP, kata sandi, ataupun berbagai macam kode penting lainnya.

Setelah mereka menguasai akunnya, dan didalamnya sudah ada saldo, maka bisa digunakan sesuka hati mereka. Namun untuk menghindari pelacakan, maka mereka tidak mengalirkannya untuk keperluan sendiri, namun mereka akan menjualnya kembali kepada yang membutuhkan.

  1. Menggunakan kelemahan sistem

Kalau tipe modus yang satu ini memang jarang sekali ada yang bisa. Kecuali mereka yang sudah paham betul terhadap masalah keamanan sistem dan data. Misalnya saja para hacker dan cracker. Jadi penipuan yang dilakukannya dengan menjual kembali tiket yang didapat dari hasil mencuri menggunakan kelemehan sistem tersebut.

Akhir kata, waspadalah terhadap berbagai macam modus penipuan tiket pesawat yang sering terjadi saat ini. Marilah semua pihak bekerja sama terhadap menanggulangi upaya penipuan dalam bentuk apapun.

Leave a Comment