Khimar Syar’i Bolak Balik, Cerminan Perkembangn Model Khimar

Khimar Syar’i Bolak Balik, Cerminan Perkembangn Model Khimar

Hijab Bolak Balik , Khimar Syar’i Bolak Balik

Dikutip dari sebuah blog dijelaskan bahwa keberadaan khimar syar’i telah banyak mengalami perkembangan, jika dulu kita hanya dapat menjumpai model khimar syar’i yang hanya monoton warna hitam polos. Kini khimar syar’i dapat kita jumpai dalam beragam warna dan semakin populer karena banyak digunakan oleh selebriti. Khimar akan menunjukkan kematangan agama bagi para penggunanya karena memang khimar merupakan jenis penutup kepala yang paling syar’i karena menutup bagian atas tubuh perempuan mulai dada sampai pinggang. Namun kini khimar semakin bertambah trendy dengan munculnya khimar syar’i bolak balik. Kemunculan model khimar ini menjadi penanda semakin berkembangnya model khimar yang ada di Indonesia saat ini.

Pada dasarnya khimar tidak hanya model penutup kepala biasa, khimar dianggap perwujudan dari kematangan keimanan seorang muslimah dan mencerminkan perempuan yang memiliki keteguhan terhadap nilai-nilai agama. namun meskipun demikian jika kita lihat khimarpun tidak bisa menghindari perkembangan. Dimana layaknya jenis jilbab bolak balik lain khimar juga mengalami perkembangan. Fase pertama diawali dengan model khimar monoton warna hitan. Fase kedua, model khimar warna cerah. Fase tiga, model bahan khimar yang beragam. Dan yang terbaru adalah model khimar syar’i bolak balik. Hal ini menandakan bahwa perekembangan fashion busana muslim di Indonesia meliputi berbagai aspek. Bahkan khimar tidak luput dari jangkauan perkembangannya.

Seperti yang dijelaskan oleh Aminah islamiyah dalam “transformasi hijab di kalangan generasi muda indonesia sebagai upaya peningkatan status strata sosial” pada tahun 2020 Indonesia mungkin akan menjadi tren satter busana muslim dunia. Maka tidak heran jika khimar mengalami perubahan. Perubahan ini dapat kita maknai dalam dua sisi, dimana sisi positifnya pengguna khimar tidak lagi merasa ketinggalan tren. Mereka tetap bisa tampil stylis dengan khimar. Sedangkan sisi negatifnya khimar akan kehilangan makna sakral bagi para penggunanya.tergantung bagaimana cara kita memaknainya. Namun yang dapat kita maknai bersama adalah bahwa khimar syar’i bolak balik merupakan salah satu cerminan perubahan model khimar yang ada di Indonesia.

Leave a Comment