Santri Jual Bibit Ikan Koi

Santri Jual Bibit Ikan Koi

Santri Jual Bibit Ikan Koi

Ada satu hari yang menjadi salah satu hari spesial bagi para santri di Pondok Pesantren. Yakni hari Kamis pertama setiap bulannya atau yang sering dikenal sebagai Jumat Muda. Ribuan santri diliburkan dan diperbolehkan keluar dari pondok untuk melakukan berbagai aktivitas pribadinya. Aktivitas pribadi itu bisa saja dengan melakukan banyak hal bisa dengan sekedar jalan jalan saja mengitari kota menikmati indahnya pemandangan penggunungan ataupun aktifitas bermain bola seperti itu atau aktifitas lainnya yang bisa sangat menguntungkan salah satunya jual bibit ikan koi. Ali Khomsin, salah satu santri yang berasal dari Cirebon mengaku itu merupakan satu hari dalam sebulan yang boleh digunakan oleh santri untuk keluar dari pondok. Ali mengaku tujuan mereka yakni pusat kota. Selain itu ada yang menuju ke tempat-tempat ziarah. Sekarang Jumat muda. Para santri boleh keluar dari pondok. Ini sekarang mau ke kota, ada juga yang ke tempat ziarah

Tidak dipungkiri memang mesti santri juga punya kegiatan lainnya waktu di dalam pondok tapi juga bisa melakukan seperti bibit ikan hias yang bisa membuat rasa jenuh dengan seluruh pelajaran pondok yang ada hingga bisa juga melakukan hal lainnya. Ini memang bisa saja menjadi sebuah hal positif yang dilakukan karena sudah waktunya tidak hanya di dalam saja tapi juga menikmati di dalam sebuah kegiatan yang positif. Ali memang menjadi salah satu santri yang juga melakukan hal demikian, meski demikian untuk memasarkan bibit ikan koi miliknya, dia juga melakukan perjalanan ke kota untuk jual bibit ikan koi itu sendiri. Ini bukanlah langkah yang sangat baik sekali untuk bisa dilakukan hanya dengan memberikan sebuah hal yang positif.

Di perjalanan dia juga bisa bersama teman lainnya untuk sekedar ngobrol dan say hello yang sangat positif ini sebagai hal yang bisa membuatnya menemukan hal yang baru dirumahnya nanti. Tapi selama hidup di pondok dia juga bisa mendapatkan informasi dari luar daerah lainnya tentang macam jenis ikan dan banyak hal lagi. Ini bisa juga menjadi sebuah referensi untuk bisnis jual bibit ikan koi  miliknya. Bukankah ini bisa dilakukan karena sudah ada yang lain lagi untuk bisa diberlakukan kepada semuanya. Para santri boleh memilih melakukan segala hal. Termasuk berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan. Oleh karenanya, masa liburan yang hanya ada sebulan sekali selalu dimanfaatkan para santri sebaik-baiknya bisa juga dengan demikian tetap berlaku bagi semuanya yang nantinya akan berbisnis dengan jual bibit ikan koi  itulah yang nantinya akan membantunya untuk bisa hidup di dunia yang terbarukan seperti saat ini.

Leave a Comment