4 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami dan Langsung Terasa Efeknya

Pernahkah Anda mengalami sakit pada tenggorokan? Dijamin semua orang pernah mengalami gangguan kesehatan satu ini dan masih dalam kategori gangguan ringan. Secara umum sakit pada tenggorokan menjadi pertanda awal tubuh akan mengalami flu maupun pilek, sehingga merasa tidak nyaman saat bicara maupun bersantap. Baiknya segera mencari cara mengobati radang tenggorokan tersebut sehingga flu tidak jadi menyerang dan mampu beraktivitas normal dengan segera. Apalagi ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kesehatan satu ini.

Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan Tanpa Obat Kimia

obati radang tenggorokan dengan cara alami

Namun tidak semua flu menunjukan gejala sakit tenggorokan, usahakan apapun penyebabnya segera diatasi untuk menghindari kondisi yang semakin parah. Berikut merupakan beberapa cara alami yang bisa dicoba di rumah:

  • Berkumur menggunakan air garam,

Air garam di sebuah studi menunjukan mampu membantu meredakan masalah tenggorokan yang terasa sakit. Sebab efektif mengurangi pembengkakan serta mencairkan lendir yang terbentuk saat tenggorokan mengalami iritasi maupun infeksi. Cukup gunakan segelas air kemudian tambahkan sejumput atau dua jumput garam. Gunakan berkumur dua kali sehari maka perlahan tenggorokan yang terasa sakit akan lebih nyaman.

  • Menyesap permen pelega tenggorokan,

Permen yang dijual di pasaran beberapa memiliki efek melegakan tenggorokan sehingga menjadi cara mengobati sakit radang tenggorokan yang terbilang efektif. Permen seperti ini dijual bebas dan bisa ditemukan di banyak tempat belanja, seperti minimarket terdekat atau warung sebelah rumah. Kandungan peppermint, menthol, maupun eucalyptus di dalamnya membantu meredakan rasa gatal dan sakit yang ada di tenggorokan. Menariknya permen ini memiliki beberapa varian rasa sehingga bisa disesuaikan dengan selera dan cara berobat yang lebih nyaman.

  • Minum air sebanyak mungkin,

Minum air putih sebanyak mungkin bisa menjadi cara untuk mengatasi masalah sakit tenggorokan. Sebab ketika tubuh mengalami dehidrasi maka secara alami tubuh memproduksi lendir dan air liur dalam jumlah lebih banyak. Kalau berlangsung cukup lama maka akan membuat tenggorokan mengalami pembengkakan dan perlahan terasa sakit. Sampai dalam kondisi paling parah penderita sulit untuk berbicara meski pelan. Maka atasi rasa sakit pada tenggorokan dengan minum air sebanyak mungkin agar peradangan bisa reda dengan cepat dan praktis.

  • Berkumur dengan air lemon,

Selain berkumur dengan air garam, rupanya untuk mengembalikan tenggorokan sehat usai terasa sakit juga bisa memakai perasan air lemon. Caranya cukup gunakan satu sendok air lemon kemudian dicampurkan dengan segelas air hangat. Gunakan berkumur sekitar 2-3 kali dalam sehari maka pembengkakan di tenggorokan akan membaik secara perlahan. Jika sakit pada tenggorokan disebabkan sebagai gejala awal pilek maka pastikan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Mandi secara teratur dan rajin mencuci tangan dengan Lifebuoy menjadi cara mengobati radang tenggorokan sekaligus pencegahan yang efektif.

Referensi Artikel: http://www.lifebuoy.co.id/article/detail/1131517/radang-tenggorokan

Leave a Comment