batuk

5 Tips Mudah Mengatasi Batuk Berdahak Untuk Bayi

Bagaimana cara atasi batuk berdahak untuk bayi? Selain menggunakan obat batuk berdahak, ada banyak pula cara lainnya untuk mengatasi hal ini. Lazimnya, penyakit batuk dan pilek sangat mudah menyerang manusia, terutama pada bayi. Batuk berdahak pada bayi merupakan jenis batuk yang sering ditakuti oleh para orangtua. Batuk ini menimbulkan suara “grok-grok” dan seakan sulit keluar dari tenggorokan bayi. Dahak atau yang juga dikenal dengan istilah slam dapat membuat tenggorokan bayi menjadi tidak nyaman, mengganggu saluran napas, bayi sering rewel, dan bahkan membuat bayi agak sulit meminum ASI.

batuk
batuk

Batuk berdahak bisa dipicu oleh beberapa kondisi seperti pilek, flu, bakteri, ataupun alergi. Sedikit gambaran, mulanya gejala yang timbul umumnya badan menjadi demam, pilek, dan hidung tersumbat. Para orangtua sebaiknya jangan panik, berikut ini kami bagikan cara mengobati batuk berdahak secara alami dan cepat yang bisa Anda coba terapkan.

  1. Hindari memberikan obat-obatan yang dijual bebas di warung-warung. Banyak obat-obatan untuk batuk dan pilek yang tidak diperuntukkan bagi anak yang masih di bawah 2 tahun. Obat-obatan semacam ini amat berbahaya bagi tubuh bayi. Obat yang diberikan untuk bayi haruslah dengan resep dan izin dokter.
  2. Perbanyak minum air untuk bayi. Cara ini sebenarnya sangat ampuh untuk mengobati batuk berdahak pada bayi. Cairan yang diminum akan membantu mengencerkan dahak penyebab batuk. Bayi di bawah satu tahun akan lebih baik bila meminum ASI secara intensif.
  3. Hangatkan bayi di bawah sinar matahari pagi. Saat pagi hari, berjemur bagi bayi merupakan terapi yang menyehatkan. Selain dapat menghangatkan bayi, berjemur di bawah sinar matahari pagi juga baik untuk pertumbuhan tulang bayi. Menghangatkan bayi di bawah sinar matarahari pagi merupakan cara yang cukup efektif untuk mengatasi batuk berdahak yang dialaminya.
  4. Oleskan krim penghangat atau minyak kayu putih. Rasa hangat yang timbul akan membantu untuk mengencerkan dahak dan uap hangat yang dihirup mampu melegakan pernapasan pada buah hati.
  5. Penggunaan alat khusus untuk menyedot dahak bagi bayi akan membantu untuk mengatasi batuk berdahak yang dialaminya.

Demikian tips-tips yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit batuk yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Dengan mengetahui cara-cara di atas semoga dapat memudahkan para orangtua menyembuhkan batuk berdahak yang dialami bayi.

Leave a Comment