Apasih Manfaat Susu kedelai Bagi Kesehatan?

Apasih Manfaat Susu kedelai Bagi Kesehatan? – Ada dua jenis susu yang biasa dikonsumsi manusia, yaitu protein hewani, dan susu protein nabati. Susu protein hewani biasanya berasal dari susu sapi dan susu kambing. Sedangkan untuk susu protein nabati berasal dari susu dari sari kacang, seperti susu almond dan susu kedelai. Meski berbeda, namun kedua jenis susu tersebut memiliki nutrisi dan manfaatnya tidak terlalu berbeda.

Untuk susu protein nabati yang sering dikonsumsi adal susu kedelai. Karena susu kedelai sangat mudah didapatkan dan harganya juga lebih murah dibanding susu almond. Meski murah, bukan berarti tidak mengandung banyak manfaat gizi bagi kesehatan Anda. Dalam susu kedelai mengandung kandungan gizi berupa protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12, vitamin D, vitamin E, asam folat, asam amino, mineral, fitoestrogen, antioksidan, lemak, riboflavin dan banyak lainnya.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi tersebut, mengkonsumsi susu kedelai ini memiliki banyak manfaat yang bisa kita dapat untuk kesehatan tubuh. Nah inilah beberapa manfaat susu kedelai bagi kesehatan tubuh.

Bagus untuk kesehatan jantung
susu kedelai ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan jangtung karena didalam susu kedelai ini hanya mempunyai kandungan minyak jenuh yang sedikit sehingga susu kedelai ini tidak akan menaikan kadar kolestrol jahat dalam darah.

Pencegahan Diabetes Mellitus
Diabetes terjadi karena kurangnya hormon insulin dalam tubuh sehingga terjadi kelainan metabolisme lemak, air, elektrolit, karbohidrat dan protein. Asam amino, yaitu ariginin dan glisin yang terkandung dalam susu kedelai dapat menjaga keseimbangan hormon insulin dalam tubuh.

Mencegah Kanker
Dalam susu kedelai banyak mengandung banyak fhytoetrogen. fhytoetrogen adalah hormon tanaman yang memiliki kemampuan menghambat produksi testosteron pada tubuh pria. Penurunan kadar hormon testosteron dapat mencegah pertumbuhan kanker prostat.

Bagus untuk organ hati
Dalam susu kedelai mengandung nutrisi yang aman dan baik untuk hati, karena hati tidak harus bekerja keras untuk menetralkan susu kedelai. Ini karena pada susu kedelai tidak ada kandungan zat yang merusak hati.

Pemeliharaan kesehatan tulang
Susu kedelai juga banyak mengandung kalsium dan vitamin D yang dibutuhkan untuk memberi makan tulang, menjaga kepadatan tulang, menjaga struktur tulang, dan memperkuat tulang. Karena itu, susu kedelai bisa menjaga kesehatan tulang dan bisa mencegah timbulnya osteoporosis.

Menurunkan berat badan
Susu kedelai memiliki kandungan gula dalam jumlah kecil yaitu sekitar 7 gram hanya karena mengandung asam lemak tak jenuh yang bisa menghambat proses penyerapan lemak di usus sehingga bisa memberi efek lebih lama lalu jangan lupa untuk meminum suplemen fitnes.

Menjaga kesehatan kulit
Dalam susu kedelai mereka mengandung antioksidan dan vitamin E. Kedua isi ini berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidan di dalamnya berperan dalam memerangi efek radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker kulit. Sedangkan kandungan vitamin E di dalamnya berfungsi untuk melembabkan kulit, melembutkan kulit, mengencangkan kulit dan meringankan kulit, sehingga Anda akan terlihat lebih muda.

Leave a Comment