Beberapa Macam Instrument Medis di Puskesmas

Hampir setiap orang pernah berkunjung ke rumah sakit atau klinik. Puskesmas, sebagai unit pelayanan medis paling dasar yang bertempat di kecamatan merupakan tempat yang bertugas untuk memberikan layanan kesehatan masyarakat secara umum. Oleh karena itu, harus ditunjang dengan berbagai macam instrument yang dibutuhkan dalam menjalankan tugasnya.

Salah satu komponen penting yang harus ada pada tempat layanan medis adalah ketersediaan alat Рalat kesehatan. Berikut beberapa jenis Рjenis alat medis yang selayaknya ada di Puskesmas. Penulis mencoba untuk mengajak pembaca sekalian untuk mengenal beberapa jenis peralatan atau instrument medis yang ada di sini.  Inilah beberapa contohnya :

1. Unit Emergency

Lini terdepan dari sebuah unit pelayanan medis adalah unit Emergency. Biasanya unit ini dinamakan atau disebut juga dengan istilah IGD atau UGD, Instalasi atau Unit gawat darurat dimana pasien datang dalam keadaan yang tidak terduga. Seperti kecelakaan, sakit keras, dan berbagai macam keluhan yang diderita. Alat – alat medis yang ada di sini sangat beragam, seperti alat untuk pemberian oksigen, alat moilisasi pasien, dan juga pelayanan medis yang berupa obat – obatan.

2. Dental Unit

Poli dental merupakan satu unit pemeriksaan dan pengobatan serta perawatan terhadap gigi dan mulut. Untuk anda yang mengalami permasalahan dengan gigi atau gusi serta mulut. Anda bisa kunjungi dental unit untuk mendapatkan pelayanan yang anda butuhkan. Di dalam unit ini terdapat berbagai macam alat medis yang khusus digunakan untuk dental. Seperangkat alat dental yang biasa disebut dengan dental unit ada di sini.

Peralatan ini memang mahal, namun setidaknya tiap puskesmas memiliki seperangkat alat ini. Alat dan instrument seperti ini biasanya didapatkan di toko alat medis yang jual Dental Unit berkualitas dengan harga yang cukup bervariasi.

3. Instalasi Bedah Medis

Tidak hanya itu, di dalam unit pelayanan rumah sakit juga biasanya ada Instalasi bedah yang berfungsi untuk tindakan bedah. Biasanya paling lenngkap ada di Puskesmas, sebelum dirujuk ke Rumah Sakit umum daerah untuk dilakukan tindakan lebih lanjut.  Di sini terdapat berbagai macam peralatan bedah medis seperti gunting operasi dan teman Рtemannya.

Leave a Comment