Inilah Beberapa Daftar Alat Laboratorium Analis Kesehatan

Daftar alat laboratorium analis kesehatan yang ada di Rumah Sakit atau Klinik cukup banyak. Namun ada beberapa alat yang unik dan alat ini memiliki nilai yang cukup tinggi dari segi cost nya. Apa saja itu ? Jika anda belum mengetahuinya, pada kesempatan ini penulis ingin berbagi informasi mengenai beberapa alat tersebut untuk anda. Coba cek, semoga ini bisa bermanfaat untuk anda.

alat laboratorium analis kesehatan

Ada banyak dan jenis laboratorium di Indonesia. Semuanya memiliki spesifikasi dan tugas pokoknya masing – masing. Salah satunya yaitu laboratorium analis kesehatan. Laboratorium ini jelas berada di rumah sakit atau klinik. Laboratorium ini merupakan backup untuk kebutuhan penelitian dan analisa sample dari rumah sakit. Oke langsung saja, berikut beberapa alat yang ada di sini.

Daftar Alat Laboratorium Analis Kesehatan Rumah Sakit

Karena jumlahnya sangat banyak, di sini saya sajikan kurang lebih 3 jenis alat yang memiliki nilai cost cukup besar dari alat lainnya.

1. Photometer (Chemistry Analyzer)

Jika anda adalah seorang analis, saya yakin anda sudah paham dengan ala ini. Photometer atau sering juga disebut dengan Chemistry Analyzer perupakan satu alat medis yang berfungsi diagnostic. Alat ini berperan untuk menganalisa unsur – unsur kimia dalam darah seperti glukosa, kolesterol, dan beberapa unsur lain termasuk enzim. Alat ini memiliki peranan yang cukup penting, sebab ada banyak sekali pasien yang membutuhkan data ini dalam waktu cepat untuk segera dilihat oleh dokter yang menanganinya. Namun karena memang dari sisi harga yang cukup mahal, masih banyak rumah sakit khususnya di pedesaan yang belum memiliki alat ini, meskipun sudah banyak yang jual Photometer murah.

2. Hematology Analyzer

Masih sedikit sama dengan alat pertama, hanya perbedaan pada parameter ukur dan bentuk sampel yang diukur. Hematology analyzer merupakan alat diagnostik yang berfungsi untuk menganalisa sel – sel darah seperti trombosit, leukosit, HB dan lain sebagainya yang berkaitan dengan sel darah. Dalam proses analisis, alat ini menggunakan sample darah segar. Tidak seperti Photometer yang menggunakan serum.

3. Mikroskop

Saya memang tidak tahu pasti secara detail alat ini digunakan untuk apa di laboratorium analis kesehatan. Namun kebutuhan untuk alat ini ada daftarnya di sana. Secara otomatis kita bisa mengetahui bwahwa alat ini digunakan dan dibutuhkan juga di sana. Secara umum, Mikroskop digunakan untuk melihat benda yang ukurannya sangat kecil yang tidak bisa dilihat dengan mata kepala. Mikroskop terdiri dari kombinasi dua buah lensa cembung yang berfungsi untuk memperbesar bayangan benda hingga ratusan atau ribuah, sehingga benda sekecil sel bisa kita lihat bentuknya dengan jelas.

Tentu saja daftar alat laboratorium analis kesehatan tidak hanya itu saja. Masih ada banyak lagi seperti alat – alat untuk membuat sample, centrifuge, tabung reaksi, beker glas dan juga alat lainnya. Mudah – mudahan tiga daftar alat tersebut bisa memperkaya wawasan kita untuk mengenal alat – alat laboratorium analis kesehatan.

Bila anda membutuhkan informasi tentang harga alat – alat laboratorium kesehatan dan juga alat – alat kesehatan. Coba anda cek di website distributor alat kesehatan www.alkes.me

Leave a Comment