Mengetahui Anak-anak Juga Bisa Menjadi Vegetarian

Kenyataannya, tidak semuanya alur makan vegetarian betul-betul hindari product hewani. Untuk anak, type vegetarian mana yang diaplikasikan jadi begitu perlu. Sebab dengan semakin ketatnya ketentuan vegetarian yang diaplikasikan, jadi semakin susah juga usaha penuhi keperluan nutrisi yang cukup.

Untuk kelompok lacto-ovo vegetarian, walau hindari daging, mereka tetaplah konsumsi telur, susu, serta product olahan susu. Disamping itu, lacto vegetarian memperbolehkan susu serta product olahan susu, tetapi hindari telur serta daging. Vegan adalah kelompok vegetarian keseluruhan yang sekalipun tidak memasukkan makanan yang datang dari hewani, termasuk juga susu serta telur.

Mengetahui Anak-anak Juga Bisa Menjadi Vegetarian

Memerhatikan Konsumsi Nutrisi yang Sesuai

Jadi penyedia paling utama makanan untuk anak-anak mereka, orangtua vegetarian kerapkali menyuguhkan type yang sama pada anak-anaknya. Yang butuh dicatat yaitu peluang kekurangan gizi jauh semakin besar menerpa anak-anak dibanding orang dewasa karna keperluan nutrisi mereka yang lebih tinggi.

Bayi

Sumber paling utama nutrisi serta protein untuk bayi yaitu air susu ibu (ASI) atau susu formula pada enam bulan pertama, menjadi seorang ibu memang tidak mudah dimana saat lahir anda harus mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir hingga sekarang sudah waktunya ia diberi makan anda juga masih harus telaten. Susu formula memiliki bahan basic kedelai bisa dipakai untuk bayi dengan alur makan vegan.

Tetapi yang butuh di perhatikan yaitu bayi vegan butuh diberi sumber vitamin B12, terlebih bila alur makan ibunya tidak sediakan vitamin itu. Diluar itu, bayi juga butuh memperoleh suplemen vitamin D bila susu formula yang diminum kurang dari satu liter.

Anjuran pemberian makanan padat pada bayi vegetarian yaitu saat memijak umur enam bulan, sama juga dengan alur makan umum. Sesudah bayi mulai dikenalkan pada makanan padat, jadi bisa diberi makanan kaya protein untuk vegetarian, seperti bubur tahu, keju, yoghurt baik dari susu sapi atau kedelai, serta bubur dari beragam type kacang-kacangan.

Batita (bawah tiga th.)

Pada umur ini, seringkali orangtua hadapi kesusahan dalam memberi jumlah makan yang cukup. Sesudah anak-anak ini tak akan peroleh ASI atau susu formula, mereka jadi rawan untuk kekurangan nutrisi. Pada umur setahun, anak dengan alur makan vegan berisiko alami kekurangan konsumsi vitamin serta mineral, terlebih vitamin D, vitamin B12, zat besi, kalsium, serta seng (zinc).

Terlebih pada kelompok vegan, begitu perlu untuk meyakinkan anak-anak memperoleh jumlah protein serta zat besi dari sayuran atau kacang. Tetapi janganlah beri kacang utuh untuk anak dibawah umur lima th. karna ada resiko tersedak. Potong atau tumbuk halus kacang sebelumnya dihidangkan.

Batita populer begitu pemilih pada makanan apa yang juga akan masuk kedalam mulut mereka. Resikonya, konsumsi kalori serta nutrisi batita dengan alur makan vegetarian tidak tercukupi. Orangtua bisa menghidangkan makanan padat nutrisi serta sereal yang sudah difortifikasi. Suplemen vitamin sangat dianjurkan untuk anak yang peluang tidak memperoleh nutrisi yang memenuhi.

Anak Praremaja serta Remaja

Bila dikerjakan dengan benar, alur makan tanpa ada daging bisa berguna positif untuk anak praremaja serta remaja. Lacto-ovo vegetarian yang tetaplah konsumsi telur serta product susu adalah pilihan yang begitu baik. Namun alur makan vegetarian yang lebih ketat di kuatirkan bisa buat anak serta remaja kekurangan zat gizi yang diperlukan, seperti zat besi, seng, kalsium, vitamin D, serta vitamin B12.

Orangtua harus juga siaga bila anak atau remajanya mendadak kurangi konsumsi kalori atau hindari semua type lemak serta karbohidrat. Mungkin saja adalah sinyal tanda masalah alur makan yang cobalah disembunyikan dengan argumen vegetarian.

Walau dengan jadi vegetarian bisa berguna untuk kesehatan, tetaplah usahakan untuk memperluas pengetahuan anak serta remaja Anda tentang alur makan ini. Luangkan minimum 1x dalam 1 minggu untuk makan dengan supaya mereka mengerti lebih dalam tentang konsumsi nutrisi vegetarian yang pas.

Hindari Resiko Kekurangan Gizi pada Anak

Alur makan vegetarian yang terencana dengan baik bisa penuhi nutrisi untuk anak. Tetapi yang butuh diwaspadai yaitu resiko yang bisa berlangsung bila hal itu tidak memenuhi. Sebagian penyakit yang dihubungkan dengan kekurangan gizi karena alur makan vegetarian, diantaranya defisiensi vitamin C, rakitis karena defisiensi vitamin D dalam periode panjang, serta kwashiorkor atau busung lapar.

Perlu untuk orangtua untuk memperoleh info dari sumber terpercaya, seperti dokter spesialis anak serta pakar gizi pada pilihan makanan vegetarian mereka. Yg tidak kalah perlu yaitu tetaplah memeriksakan keadaan kesehatan dengan system perawatan medis yang sesuai sama untuk anak serta remaja.

Jadi orangtua, Anda meyakinkan kalau anak Anda memperoleh semuanya nutrisi yang diperlukan. Beri makanan paling utama dalam jumlah yang lebih kecil, tetapi seringkali. Lengkapi dengan 2 x makanan ringan setiap hari. Yakinkan mereka memperoleh konsumsi dari beragam type makanan.

Cermati konsumsi kalsium, vitamin B12, serta vitamin D anak supaya cukup. Konsumsi vitamin penambahan direferensikan untuk semuanya anak yang berumur enam bulan sampai lima th..

Walau bisa saja untuk memenuhi nutrisi anak lewat alur makan vegetarian, tetapi orangtua tetaplah mesti waspada serta tetaplah berkonsultasi dengan dokter spesialis anak atau pakar nutrisi dengan teratur bila menginginkan mengaplikasikannya dengan aman.

Leave a Comment