Trimethoprim Obat anti biotik Untuk Infeksi Saluran Kemih

Trimethoprim
Trimethoprim

Trimethoprim yaitu obat antibiotik yang umumnya diresepkan untuk menangani infeksi saluran kemih. Pada masalah ini, periode waktu penyembuhan yang dikerjakan umumnya berjalan singkat. Tetapi untuk menghindar infeksi saluran kemih kambuh, dokter umumnya bakal merekomendasikan pemakaian trimethoprim untuk periode waktu yang lebih lama. Obat ini bekerja lewat cara membunuh bakteri penyebabnya infeksi serta hentikan pertumbuhannya.

Terkecuali infeksi saluran kemih, trimethoprim juga dapat diresepkan untuk menyembuhkan infeksi dada (umpamanya pneumonia). Karna trimethoprim adalah kelompok antibiotik, jadi obat ini tidak dapat dipakai untuk menangani keadaan yang dikarenakan oleh virus, seperti flu serta pilek. Trimethoprim cuma bisa dipakai lewat resep dokter. Pemakaiannya yg tidak pas tujuan atau diluar ketetapan dosis dapat turunkan dampaktivitasnya.

Mengenai Trimethoprim

Golongan Antibiotik
Kategori Obat resep
manfaat Mengobati beberapa keadaan yang dikarenakan oleh bakteri (umpamanya infeksi saluran kemih serta pneumonia)
Dikonsumsi oleh Dewasa serta anak-anak
Bentuk obat Tablet atau sirop
Peringatan :
Trimethoprim tidak bisa dipakai oleh wanita hamil karna dapat membahayakan janin. Sedang untuk wanita menyusui, tanyakan terlebih dulu dengan dokter sebelumnya mengkonsumsinya. Berharap waspada bila Kamu menanggung derita penyakit ginjal serta masalah darah. Diluar itu berharap waspada juga bila Kamu kekurangan vitamin B9 atau asam folat. Janganlah memakai trimethoprim berbarengan dengan obat-obatan yang lain (termasuk juga obat herbal) tanpa ada panduan dari dokter karna di kuatirkan bisa mengakibatkan resikonya yang membahayakan.
Dosis Trimethoprim
Di bawah ini dosis pemakaian trimethoprim berdasar pada kelompok umur :
Kelompok usia Dosis
Anak-anak umur 12 th. ke atas hingga dewasa 100 mg 2 x satu hari atau 200 mg satu hari sekali. Pemakaian umumnya untuk periode waktu 10 hari.
Anak-anak umur dibawah 12 tahun Tidak disarankan terkecuali ada instruksi dokter.
Memakai Trimethoprim dengan Benar
Ikuti saran dokter serta baca info yang tercantum pada paket trimethoprim sebelumnya mengkonsumsinya.
Yakinkan ada jarak saat yang cukup pada satu dosis dengan dosis selanjutnya. Upayakan untuk konsumsi trimethoprim pada pukul yang sama setiap hari untuk mengoptimalkan dampaknya. Untuk pasien yang lupa konsumsi trimethoprim, dianjurkan selekasnya mengerjakannya bila jadwal dosis selanjutnya tidaklah terlalu dekat. Janganlah melipat-gandakan dosis trimethoprim pada jadwal selanjutnya untuk ganti dosis yang lewatkan. Pakai trimethoprim hingga habis sesuai sama instruksi yang sudah diputuskan oleh dokter karna obat ini adalah antibiotik. Janganlah hentikan pemakaian sebelumnya saatnya walau keadaan telah pulih.

Efek Samping serta Bahaya Trimethoprim

Sama dengan obat-obat beda, trimethoprim juga berisiko mengakibatkan resikonya. Sebagian resikonya yang mungkin saja berlangsung sesudah memakai obat ini yaitu :
Pergantian rasa di lidah
Nafsu makan berkurang
Sakit kepala
Mual
Muntah
Sakit perut
Diare

Leave a Comment