Manusia Purba dari Sangiran Sangat Terkenal

jenis jenis manusia purba dan gambarnya Sangiran terletak di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, yang dikenal sebagai surga fosil. Berbagai jenis fosil hewan purba dan manusia purba ditemukan di sana. Sejak zaman penjajahan Belanda, Sangiran sering dikunjungi oleh arkeolog, sejarah, antropologi, dan paleontologi dunia.

jenis jenis manusia purba dan gambarnya

Temuan fosil manusia purba Homo erectus di Sangiran sangat dikenal oleh ilmuwan dunia. Itu berasal dari Kala Plestosen Bawah dan Kala Plestosen Tengah. Berdasarkan kronologisnya, Homo erectus memiliki rentang waktu 1,5 juta tahun sampai 0,3 juta tahun yang lalu. Sampai saat ini, lebih dari 100 individu telah menemukan Homo erectus. Dengan demikian, Sangiran menjadi kontributor terbesar jenis manusia primordial di dunia ini. Lebih dari 50 persen Homo erectus pernah ditemukan di dunia, diwakili oleh Homo erectus Sangiran.

jenis jenis manusia purba dan gambarnya

Di Indonesia ada beberapa situs manusia purba, namun Sangiran adalah yang paling populer. Bahkan Sangiran adalah kawasan prasejarah terkemuka di dunia. Sampai sekarang di situs ini ditemukan banyak fosil manusia, fosil hewan, dan berbagai jenis artefak yang berusia ratusan ribu tahun. Diperkirakan terkubur di tanah masih setinggi angka. Fosil Homo erectus secara sporadis dan terus menerus ditemukan di area seluas 56 kilometer persegi di lokasi dari tahun 1936 dan seterusnya.

Apabila kalian ingin mengetahui lebih lengkap lagi informasi tentang manusia purba  silahkan kunjungi https://kelasilmu.com/

Leave a Comment