Wisata Kuliner Palangkaraya

Inilah Wisata Kuliner Ciri khas Palangkaraya Kalimantan Tengah

Wisata Kuliner Ciri khas Palangkaraya Kalimantan Tengah – Provinsi Kalimantan Tengah yaitu satu diantara propinsi di Negeri Indonesia yang ada di pulau Kalimantan. Kota Palangka Raya yaitu Ibukota Kalimantan, di provinsi kalimantan tengah ada satu wisata kuliner yang populer yakni Juhu Umbut Rotan, Juhu Umbut Sawit serta Tangkiling, makanan itu adalah makanan asli ciri khas orang dayak di kalimantan tengah.

Wisata Kuliner Palangkaraya
Wisata Kuliner Palangkaraya

Bangamat/Paing

Wisata Kuliner Palangkaraya bangamat

Bangamat yaitu kuliner yang terbuat dari daging kelelawar besar atau harga tiket surabaya carnival yang umum disesbut dengan nama kalong. Langkah membuatnya yakni paing yang akan dibuat dibersihkandengan air dengan buang kuku, bulu kasar ditekuk serta punggung, dan ususnya, setelah itu sayap serta dagingnya dibuat, Umumnya dibuat dengan bumbu yang semakin banyak bila untuk Dayak Maanyan, paing dibuat dengan bumbu yakni serai serta daun pikauk. Umumnya Paing dibuat dengan sayur hati batang pisang yang dipotong-potong, pisang yang umum di pakai yaitu type pisang kipas.

Wadi

Wadi yaitu makanan memiliki bahan basic datang dari daging ikan, Pemrosesanya yakni ikan atau daging yang akan dibuat dibikin bersih terlebih dulu, setelah itu di rendam sepanjang lebih kurang 5-10 jam di air garam. Lalu daging atau ikan diangkat serta dilewatkan jadi kering. Sesudah cukup kering ikan atau daging digabung dengan Sa’mu dengan rata. Daging disimpan dalam kotak kaca, atau plastik kedap udara yang ditutup rapat. Taruh serta biarlah sepanjang 3-5 hari. Untuk daging dianjurkan taruh lebih dari 1 minggu, Sesudah usai, wadi mesti digoreng atau dibuat.

Kalumpe/karuang

Ini yaitu sayuran yang memiliki bahan dari daun singkong yang ditumbuk dengan halus. Dalam pemrosesan kalumpe ini yakni daun singkong ditumbuk halus serta digabung dengan terong kecil atau terong pipit. dengan penambahan bumbu bawang merah, bawang putih, serai serta lengkuas yang dihaluskan. Jika menginginkan dapat ditambahkan cabe. umumnya kuliner ini di hidangkan dengan sambal terasi.

Juhu Umbut Sawit

Juhu Umbut Sawit yaitu nama sayuran ini untuk beberapa orang tidak popular. tetapi wisatawan yang seringkali ke tanah Dayak seringkali mencari sayuran ini jadi wisata kuliner mereka. serta untuk suku Dayak, juhu umbut kelapa ini yaitu kuliner favorite yang umum disajikan di tiap-tiap diselenggarakan acara syukuran atau selametan.

Juhu Umbut Rotan

Umbut rotan di kenal dengan uwut nang’e. makanan yang di buat berbahan basic rotan muda ini langkah pemrosesanya awal rotan muda dibikin bersih kulitnya dibuang selalu dipotong dalam ukuran kecil. Umumnya umbut rotan dibuat dengan ikan baung serta terong asam supaya lebih enak. Yang jadikan kuliner ini ciri khas yaitu karna rasa-rasanya gurih, asam, serta kepahit-pahitan yang terpadu dengan rasa manis dari daging ikan.

Sekianlah tentang wisata kuliner palangkaraya ciri khas kalimantan tengah yang dapat kamu cobalah jadi satu diantara wisata kuliner serta makanan ciri khas yang berada di indonesia.

Leave a Comment